Waspada! Ini Daftar Daerah di Sulsel Yang Diprediksi Tiga Hari Hujan Lebat dan Anging Kencang

  • Share
banner 400x130
Peringatan dini cuaca sulawesi selatan, foto : BMKG

UJARANCOM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Selatan mengeluarkan surat yang berisi informasi prospek cuaca di sulawesi selatan pada 1-3 April 2021.

Informasi itu ditandatangani Darmawan sebagai Kepala BMKG Sulsel pada Rabu (31/3/21).

banner 336x280

Mencermati perkembangan kondisi cuaca yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktifitas potensi awan hujan di Sulsel dalam 3 hari kedepan.

Baca Juga  Plt Gubernur Sulsel Adukan Masalah Pangan Ke Baleg DPR RI

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di wilayah pesisir barat Sulawesi Selatan, yaitu Pinrang, Pare-pare, Barru, Soppeng, Pangkep, Maros, Makassar, Takalar dan Gowa.

Begitupun di pesisir selatan, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba dan Selayar.

Menurut informasi dari BMKG, kondisi ini terjadi karena labilitas kuat yang mendukung proses konvektif pada wilayah tersebut.

Baca Juga  Diskresi, Jalan Andi Sukri Sappewali Ambil Alih Kepemimpinan Golkar Bulukumba

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut  masyarakat bagi pengguna transportasi darat dan udara maupun laut dihimbau untuk berhati-hati terhadap dampak bencana hidrometeorologi yang di timbulkan dari hujan lebat dan angin kencang selama 3 hari kedepan.

Lebih dirinci bahwa tiga hari kedepan, kemungkinan dampak yang ditimbulkan adalah banjir, tanah longsor, anging kencang, pohon tumbang hingga keterlambatan atau perubahan jadwal penerbangan.

Baca Juga  Priska Adnan Berbagi Tips Masak Hingga Sindir Pisang Ijo Yang Banyak di Bulan Ramadhan

Berkaitan dengan itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar melalui officialnya, juga memberi himbauan terkait curah hujan yg tinggi disertai angin kencang diperkirakan akan berpotensi terjadi di Sulawesi Selatan pada 3 (tiga) hari ke depan, 01-03 April 2021.

“Untuk warga Makassar, hubungi call center 112 utk layanan darurat cepat tanggap 24 jam. Waspadalah,” Tulisnya.

Penulis : Yayanouht

  • Share

Leave a Reply