banner 1200x130

TIM PKM-PM UNM Sosialisasi Pendidikan Seks di SD KIP V Bara-Baraya

  • Share
banner 400x130

UJARANCOM – TIM PKM-PM UNM melaksanakan kegiatan pengabdian dengan memberikan pembelajaran mengenai Pendidikan seks yang berjudul “Media Komik Digital untuk Pendidikan Seks Bagi Siswa Sekolah Dasar” program ini dilaksanakan di SD KIP V bara-baraya yang berlokasi di JL. Jalahong Dg. Matutu No.56 Kec.Makassar Kota Makassar Sulawesi Selatan

Kegiatan ini dilaksanakan Oleh Winda Tri Astuti Rahman (Jurusan PGSD UNM) sebagai ketua tim dengan kedua rekannya yakni Sarah Zamzani (Jurusan Psikologi UNM) dan Lastri (Jurusan Teknologi Pendidikan UNM)

banner 336x280

Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang pendidikan seks untuk memperbaiki karakter tidak bermoral siswa dan membantu siswa agar dapat menjaga diri dan terhindar dari kekerasan seksual dengan menggunakan media komik digital “Tentang aku”. Kegiatan ini dikuti oleh siswa kelas V berjumlah 10 orang.

Baca Juga  SEMMI Barru Dorong Pelajar Kuliah di Luar Negeri

“Saya melihat lingkungan mitra yaitu SD KIP V Bara-baraya perlu diadakan kegiatan seperti ini, hal itu dikarenakan siswa menunjukan sikap yang tidak bermoral seperti berkata kasar, menggunakan pakaian tidak sesuai dengan usianya serta memanfaatkan gawai/hp mereka dalam hal yang negatif misalnya mengakses video-video yang tidak pantas dan lain sebagainya. Apalagi dilingkungan sekolah tersebut sangat rentan terhadap kekerasan seksual,” tutur winda

Baca Juga  Jokowi Akan Cek Gaya Baru Cegah Covid-19 Yang Dimulai Di Makassar

“Kami menggunakan media komik digital karena media pembelajaran ini dapat menarik perhatian anak dan membuat siswa mudah memahami materi yang akan diberikan,” tutup winda.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Guru dan juga Orang tua siswa. Orang tua siswa turut andil mengambil peran sebagai pendamping siswa saat membaca komik dan melakukan video converence.

Program ini berjalan selama kurang lebih 4 bulan Mengingat karena kondisi pandemi dan awal diberlakukannya PPKM maka Tim melaksanakan kegiatan ini secara Luring dan juga Daring. Terkhusus untuk pelaksanaan dilakukan full daring dengan 2 metode yaitu synchounus dan asynchronous, awalnya kami berencana melaksanakan kegiatan secara luring. Tetapi, walaupun diadakan secara daring siswa tetap semangat untuk mengikuti kegiatan

Baca Juga  Sukardi Weda, WR 3 UNM Membuka Acara Penutupan dan Ramah Tama SAINS

Dengan adanya program ini Tim berharap agar pendidikan seks dapat tersampaikan kepada siswa SD KIP V Bara-baraya dan agar siswa menggunakan gawai/hp dengan sehat. Tim juga berharap Komik digital “Tentang Aku” dijadikan media dalam memberikan pendidikan seks usia dini di Sekolah Dasar. (Red/Accullk)

  • Share

Leave a Reply