banner 1200x130

TIM PKM-PM FT UNM Laksanakan Pelatihan Pembuatan Ecobrick dari Sampah Plastik

  • Share
banner 400x130

UJARANCOM – TIM PKM-PM FT UNM Melakukan Pemberdayaan Terhadap Istri Pemulung dalam Membuat Produk dari Ecobrick, Tim PKM-PM UNM melaksanakan pengabdian yang berlokasi di kelurahan Tamangapa Antang Kota Makassar, Sabtu, (04/09/2021).

Program yang dicanangkan dalam kegiatan PKM-PM ini adalah Pelatihan Pembuatan Ecobrick dari Sampah Plastik.
Nur Elisa (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) dengan 4 rekan lainnya yaitu Gian Fikriansyah. B (Pendidikan Kimia), Muh. Fajrul (Pendidikan Kimia), Ria Rahayu (Pendidikan Kimia), Wulandari Surya (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) serta dengan Dosen Pendamping yakni Rissa Megavitri, S.Pd., M.Si., Nur Elisa mengatakan, kegiatan PKM yang dilakukannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan sampah di TPA Antang perlu adanya pengolahan sampah tersebut. Pada kasus ini, permasalahan yang ada dikategorikan dalam tiga hal.

banner 336x280

Pertama banyaknya sampah yang dihasilkan setiap hari di TPA Antang sebagai salah satu pusat pembuangan akhir yang banyak menghasilakan sampah plastik.
Kedua, pemulung hanya memilah sampah untuk dijual kembali tanpa adanya pemanfaatan/mengolah sampah yang dajadikan suatu barang yang berguna. Dengan hal tersebut pemulung sampah hanya mendapatkan upah/hari sekitar 20-30 ribu sekali timbang.
ketiga, masyarakat di desa ini di dominasi oleh istri pemulung yang kurang produktif dirumah dan hanya menerima penghasilan dari hasil memulung suami mereka.
Solusi yang ditawarkan oleh Tim PKM-PM yang diketuai oleh Nur Elisa adalah Inovasi Ecobrick Sebagai Upaya Mengurangi Sampah Plastik dan Meningkatkan Penghasilan Istri Pemulung di TPA Antang Kota Makassar.

Baca Juga  Bawa Kuliah Umum di UNM, Wamen Sebut Selama Ini Banyak Yang Gagal Paham RUU KUHP

Pelatihan pembuatan ecobrick sebagai alternative dalam mengelola sampah plastik yang banyak terdapat di TPA Antang, hal ini sebagai salah satu soluasi dalam mengurangi sampah.

Menurut Gian Fikriansyah. B Pelatihan ini bukan hanya sekedar pelatihan ini bukan hanya sekedar pelatihan dalam membuat ecobrick namun dilatih cara membuat suatu inovasi barang

“Pelatihan ini bukan hanya sekedar pelatihan dalam membuat ecobrick namun dilatih cara membuat suatu inovasi barang yang berguna dan juga dapat bernilai jual. Dalam hal ini, produk dari ecobrick yang akan dibuat oleh istri pemulung adalah sofa dalam,” katanya. (Red/Accullk)

Baca Juga  Terkini, Kongres XXXI HMI Ditunda
  • Share

Leave a Reply