Terdampak Cuaca Buruk, PLN Berhasil Normalkan Pasokan Listrik

  • Share
banner 400x130
Foto: Tiang Listrik PLN Roboh dampak Cuaca Buruk

UJARAN, MAKASSAR – Cuaca buruk yang melanda provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat pada Jumat (2/4) menyebabkan gangguan listrik pukul 03.00 WITA dini hari. Sebelumnya pada hari Jumat (2/4), sebanyak 1.323 Gardu Distribusi dan 248.641 di wilayah kerja PLN yakni Makassar Selatan, Makassar Utara, Parepare, Pinrang, Bulukumba, BauBau, Watampone dan Mamuju padam akibat tiang patah dan trafo bergeser mengalami padam.

Namun petugas PLN dengan sigap segera menormalkan jaringan yang terdampak sehingga pada hari Sabtu (3/4/21) sebesar 2.459 Gardu Distribusi (96% sistem kelistrikan) dan 327.391 pelanggan sudah berhasil menyala.

banner 336x280

General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid menuturkan sampai dengan saat ini petugas PLN terus berupaya untuk menormalkan sistem kelistrikan yang padam akibat terdampak cuaca buruk. “Sebesar 96% pasokan listrik sudah dapat dinyalakan dan petugas PLN akan terus berupaya memulihkan pasokan listrik sampai tuntas seluruhnya, dengan tetap memperhatikan keselamatan masyarakat,” pungkas Awaluddin.

Baca Juga  Ramadhan dan Idul Fitri Berjalan Nyaman, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

“Untuk beberapa daerah yang terdampak banjir, PLN harus memastikan banjir telah surut dan aman sebelum menyalakan aliran listrik kembali,” tambahnya.

“Apabila terkena banjir, matikan instalasi listrik di dalam rumah, cabut colokan listrik, dan pindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi. Apabila listrik tidak padam saat banjir, masyarakat dapat segera menghubungi PLN. Saat banjir surut, pastikan alat elektronik benar-benar kering sebelum dipakai kembali,” kata Awaluddin.

Baca Juga  Donasi Kemanusiaan Telah Tiba, Plt Gubernur Sulsel : Alhamdulillah, Bantuan Tiba di NTT

Untuk mengurangi potensi gangguan, Awaluddin Hafid menghimbau kepada pelanggan untuk turut aktif melaporkan kepada petugas PLN apabila ada pohon atau benda yang dekat dengan jaringan PLN karena hal tersebut dapat berpotensi menyebabkan gangguan pasokan listrik.

“Apabila masyarakat menemukan pohon yang dekat dan berpotensi mengganggu jaringan listrik, agar dapat segera melaporkan kepada PLN sehingga tidak menyebabkan gangguan,” imbuhnya.

Baca Juga  Gelar Simulasi Peralatan Proteksi Kebakaran dan Teror Bom, PLN UIW Sulserabar Harapkan Zero Accident

Untuk memudahkan, pelanggan bisa menyampaikan pengaduan terkait dengan gangguan ataupun jika mengetahui informasi lain terkait ketenagalistrikan melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123. (Red)

  • Share

Leave a Reply