banner 1200x130

SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Gowa Buka Pendaftaran Siswa Baru

  • Share
banner 400x130
Ist aktiftas SMA Insan Cendekia

UJARANCOM – SMA Insan Cendekia Syech Yusuf (ICSY/Boarding School) kembali membuka penerimaan Peserta Didik baru Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendaftaran dibuka sejak 1 Desember 2020 sampai 12 Juni 2021, hal tersebut dimaksudkan agar terdapat durasi waktu untuk pemenuhan target kuota kelas (2 sampai 3 Rombel). Kendatipun demikian, jika kuota yang dimaksdu terpenuhi sebelum tanggal pendaftaran berakhir, maka masa pendaftaran akan ditutup lebih awal.

Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru Gagas Anugrah menyampaikan, PPDB di SMA ICSY tahun ini dibuka dengan dua cara. Offline dan online. Terdapat pula dua jalur pendaftaran yaitu jalur regular (umum) dan jalur subisdi (diperuntukkan bagi calon peserta didik kurang mampu dan berprestasi)

banner 336x280

“Calon pendaftar yang sempat datang ke SMA ICSY, kami layani dengan pendaftaran langsung. Namun peserta didik dengan kondisi tertentu, seperti sakit, tempat tinggal jauh, atau Kendala lainnya, kami fasilitasi pendaftaran secara online. Selain itu demi mematuhi protokol kesehatan selama masa covid ini, para pendaftar yg datang langsung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yg berlaku,” Ujarnya. Sabtu (28/2/21).

Baca Juga  Ingin Bangun Perumahan di Gowa? Pelajari Aturan Ini

Ada perbedaan PPDB tahun ini dengan tahun sebelumnya di SMA ICSY. Tahun ini, dibuka jalur subsidi sehingga peserta didik yang memiliki prestasi di semua bidang namun kurang mampu memiliki kesempatan untuk bergabung. Kemudahan lainnya ditawarkan dengan system online full service (bantuan langsung pendaftaran online). Calon peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pendaftaran online dapat secara langsung menghubungi narahubung untuk dipandu langsung resgistrasi online dan atau diisikan oleh panitia berdasarkan data data yang dikirimkan.

Adapun terkait test dan wawancara. Test tersebut dimaksudkan untuk memetakan kemampuan awal peserta didik dalam hal akademik, sedangkan pada sesi wawancara dikhusukan untuk mengetahui keadaan mental, psikis, keakuratan data yang dikumpulkan sebelumnya, serta untuk mengetahui potensi lainnya yang tidak tercermin melalui test pemetaan.

Sistem pendaftaran itu dilakukan, menurut Gagas, karena ingin memberikan pelayanan yang memudahkan bagi pendaftar calon peserta didik baru. “Seperti calon peserta didik baru berasal dari berbagai daerah, ada yang dari luar kota, luar pulau bahkan dari luar provinsi,” terangnya.

SMA Insan Cendekia Syech Yusuf (Boarding School) pengelolaannya di bawah Lembaga Pendidikan dan Pelatihan KB-PII Sulawesi Selatan. Kuota yang sudah ditargetkan adalah 50 – 70 kursi untuk tahun pelajaran 2021/2022.

Baca Juga  Di Musda KAHMI, Danny Pomanto Minta Dukungan Makassar Recover

Sementara itu Kepala SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Mustakim M SKom., MIKom. mengatakan, kuota pendaftaran peserta didik baru itu harus meningkat 100 persen.

“Target itu kami sesuaikan dengan kapasitas atau daya tampung di masing-masing tingkat,” katanya kepada rilis yany diterima ujarancom

Tahun ini juga, SMA Insan Cendekia Syech Yusuf membuka pendaftaran dengan dua jalur yaitu Jalur Pendaftaran Umum dan Jalur Pendaftara Prestasi.

Untuk Jalur Pendaftaran Umum dengan mengikuti tahapan seleksi tes akademik dan wawancara. Sedangkan Jalur Pendaftaran jalur subsidi Prestasi cukup dengan pemeriksaan berkas (dokumen bukti kurang mampu (SKTM, KIP), sertifikat atau piagam penghargaan jika ada.

SMA Insan Cendekia Syech Yusuf menawarkan konsep pendidikan menengah atas dengan Sekolah Berasrama (Boarding School) serta memiliki hubungan kerjasama dengan universitas terkemuka di Indonesia sehingga mampu memberikan asa untuk melanjutkan kuliah di universitas ternama di Indonesia terutama di Provinsi Sulawesi Selatan.

Keunggulan SMA Insan Cendekia Syech Yusuf berbasis Boarding School sehingga mampu menjadikan siswa-siswinya berkualitas, berkarakter dan berdaya saing global dengan mengintegrasikan Iptek dan Imtaq yang didukung sepenuhnya oleh sumber daya manusia dan fasilitas yang mumpuni untuk mengembangkan wawasan global melalui pembelajaran bahasa asing (Inggris, Arab, dan Mandarin).

Baca Juga  Rakor Terpadu Dewan Pendidikan Kabupaten Sinjai di Hadiri Bupati ASA

SMA ICSY juga identik dengan sekolah spesialis cabang olahraga Volleyball, dan kemampuan seni (musik dan teater). Hal tersebut menjadi media penyaluran bakat peserta didik. Dalam kaitannya dengan akademik, terdapat pelatihan dan pembimbingan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Bekal tersebut akan sangat bermanfaat bagi peserta didik ketika memasuki dunia kampus nantinya.

Masih dengan pengembangan diri lainnya, yang tidak kalah pentingnya adalah adanya pembinaan tahfiz Quran oleh mentor dan Pembina yang mumpuni di bidangnya. Dengan demikina peserta didik yang bergabung bersama kami di ICSY insya Allah tidak hanya unggul secara duniawi namun juga memiliki kesiapan untuk akhiratnya.

SMA Insan Cendekia Syech Yusuf juga telah memiliki alumni-alumni yang berhasil lulus di universitas negeri dan swasta terkemuka di seluruh Indonesia juga dengan masih banyak keunggulan lainnya. (Red/rilis).

  • Share

Leave a Reply