Seleksi 15.886 Peserta UTBK UNM Capai 93 % Kehadiran, Rektor Sebut Berhasil

  • Share
banner 400x130
Rektor UNM, Husain Syam di dampingi Wakil Rektor dan Pejabat UNM

UJARANCOM – Universitas Negeri Makassar (UNM) telah sukses menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Jumat (30/4/21).

Rektor UNM, Prof Husain Syam memastikan proses jalannya UTBK sebanyak 24 sesi yang terbagi dalam 2 tahapan berjalan aman, lancar dan tertib.

banner 336x280

“Karena kerjasama kita semua, apa yang telah kita rencanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” Ujar Husain Syam saat Konferensi Pers di Rujab Rektor Jalan Andi Djemma, Kota Makassar.

Baca Juga  UNM Jadi Kampus Favorit,SBMPTN Capai 15.886 Pendaftar Tahun 2021

Menurut Husain Syam, Pada Gelombang I dari total jumlah Peserta 10.947 yang hadir sebanyak 10.198 atau sekitar 93 % dan peserta yang tidak hadir sebanyak 749 orang. Pada Gelombang II, jumlah peserta tercatat sebanyak 4.939 orang dengan jumlah kehadiran mencapai 93 %  atau 4.635 orang dan sebanya 314 orang tidak hadir.

Secara umum, Gelombang I dan II Peserta sebanyak 15.886 orang diantaranya hadir sebanyak 14.833 orang atau sekitar 93,31% presentase kehadiran dan tidak yang tidak hadir sebanyak 1.063 orang. Presentase tersebut dianggap berhasil dari rata-rata presentase Perguruan Tinggi di Seluruh Indonesia.

Baca Juga  Adnan Apresiasi Kepedulian Pangdam Pada Ikon Kabupaten Gowa

“Presentase kehadiran ini hampir merata di seluruh Indonesia, kita termasuk tinggi karena berada di angka 93,31%,” Ujarnya.

“Adapun ketidakhadiran dengan rata-rata kita anggap masih dalam kondisi normal, sekitar 6,6%,” Tambahnya.

Begitupun dengan peserta khusus, disabilitas yang sejak awal mendapat perhatian khusus dengan dikawal masing-masing pendamping.

“Untuk peserta disabilitas, kita pantau terus dan setiap peserta diawasi dan didampingi satu pengawas untuk membantu proses atau seleksi yang di ikutinya.” Ucap Guru Besar Bidang Pertanian itu.

Baca Juga  Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Husain Syam: UNM Wajib Ikut

Terhitung, Peserta Disabilitas berjumlah 19 orang yang terdiri dari tuna daksa sebanyak 12 orang dan tuna netra 7 orang.

Husain Syam juga memastikan bahwa setelah seleksi jalur SBMPTN ini pihaknya akan berkoordinasi mempersiapkan seleksi jalur mandiri di kampus yang berjuluk kampus orange tersebut. (Red/yn).

  • Share

Leave a Reply