banner 1200x130

“Roda Kiamat” Jadi Produk Rumah Literasi Agama di SD 235 Resetlemen II Bangkala Barat

  • Share
banner 400x130
“Roda Kiamat” di rumah literasi agama.

UJARANCOM – Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia (IM Indonesia) sebagai penyelenggara Program Organisasi Penggerak (POP) Diklat Literasi Numerasi Tahun 2021.

Mengunjungi Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto sebagai daerah sasaran intervensi program, panitia Penyelenggara beserta seluruh rombongan berkunjung dalam tajuk silaturahmi akhir tahun dan juga meninjau produk dan inovasi sekolah sasaran. Senin (13/12/21).

banner 336x280

Seluruh peserta Diklat Literasi Numerasi yang berjumlah 192 orang berkumpul di 2 Sekolah sasaran yaitu SD 137 Bontomanai dan SD 235 Resetlemen II Bangkala Barat. Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Salah satu yang menarik perhatian seluruh peserta diklat dan juga tim POP Intelektual Madani yaitu produk  Inovasi Rumah Literasi Agama yang dinamai “Roda Kiamat” yang gagas oleh Kepala Sekolah dan Guru Agama berada dipojok sekolah berdampingan dengan musallah.

Baca Juga  IM Indonesia Kunjungi Sekolah Sasaran, Kepala Sekolah: Program Organisasi Penggerak Membawa Perubahan Positif di Sekolah Kami

Konsep yang diusung adalah menyajikan bahan bacaan dan media pembelajaran bagi siswa-siswa agar tertarik belajar agama namun tidak membosankan, terlihat beberapa gambar huruf hijaiyah yang dikemas secara menarik serta media belajar roda kiamat. Media ini berbentuk bulat dan bisa berputar lalu disetiap sisinya terdapat bilangan satu sampai empat, apabila diputar dan berhenti disatu nomor maka siswa akan mengambil soal dan pertanyaan seputar agama dalam kotak sesuai dengan nomor yang didapatkan  dan siswa harus menjawabnya.

Baca Juga  Tren Positif Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Kepala Sekolah SD 235 Resetlmen II Abd. Azis Sampara mengungkapkan bahwa lahirnya rumah literasi agama ini dari ide para guru-guru disekolahnya yang mengikuti Diklat Literasi Numerasi POP Intelektual Madani.

“Lahirnya ide rumah literasi agama ini dari diskusi-diskusi para guru kami terutama guru agama, kita semua seperti mendapatkan tambahan energi untuk berkarya dan berinovasi setelah mengikuti diklat literasi numerasi setiap minggu, kami sangat berterima kasih kepada POP Intelektual Madani, terutama kepada pendamping diklat dan juga para trainer kami, yang telah berbagi ilmu dan pengalaman sehingga menjadi modal bagi kami untuk berkarya dan berinovasi,” Ujarnya.

Baca Juga  Komposer Musik Dwiki Dharmawan Salat Jumat di Tenda Masjid At Tabayyun, Serasa Arafah
Sslah satu karya sidwa di rumah literasi agama

Salah satu Trainer Ridzan Djafri sangat mengapresiasi rumah literasi agama yang telah digagas oleh SD 235 Resetlemen, dalam kesempatan itu dia menyampaikan harapan kepada guru agar rumah literasi agama ini terus dikembangkan.

“ini karya yang luar biasa sangat bermanfaat bagi siswa kita, ini model yang ideal mengajarkan anak-anak kita agama namun mereka merasa seperti bermain, saya siap membantu mencari buku-buku, majalah islami dan juga alquran untuk rumah literasi agama ini,” Ujarnya disela-sela kunjungan.

Dukungan yang diberikan oleh trainer ini diikuti oleh tim yang lain menyampaikan kesediaannya untuk membantu bahan bacaan bagi rumah literasi agama ini. (Red/Yn).

  • Share

Leave a Reply