Indonesia Bakal Punya Bursa Khusus Cryptocurrency

  • Share
banner 400x130
Ist. Cryptocurrency Indonesia

UJARANCOM – BUMN kliring, PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI sedang mempersiapkan modal serta infrastruktur untuk mendukung pembentukan bursa aset kripto atau Cryptocurrency di Indonesia. Hal ini dinilai telah memenuhi ketentuan untuk mendukung ekosistem investasi aset kripto.

Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi mengatakan perusahaan nantinya akan berperan sebagai lembaga penyelesaian keuangan, fungsi delivery versus payment, dan pengawasan integritas keuangan, fungsi suspensi, rekomendasi sistem dan anggota.

banner 336x280

“Sampai dengan saat ini kalau boleh kami katakan, KBI sudah siap 100% sebagai lembaga kliring. Hal tersebut dilihat baik dari sisi permodalan maupun infratrukturnya,” kata Fajar dalam keterangan resminya. Kamis (29/4/21).

Baca Juga  TNI AD Tekankan Persatuan dan Kesatuan

Sejalan dengan itu CEO Indodax Oscar Dharmawan mengatakan kehadiran Bursa Kripto tentunya akan memberikan perlindungan kepada masyarakat investor, karena dalam ekosistem itu akan ada lembaga kliring, yang tentunya akan memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.

“Aset kripto memiliki potensi besar untuk berkembang di Indonesia, dan sudah selayaknya Aset Kripto ini diperdagangkan melalui mekanisme di Bursa,” ujar Oscar Dharmawan

Baca Juga  HUT Bone Ke-691, Ajang Unjuk Gigi Pilkada Mendatang?

Dalam kesempatan yang sama, pengamat ekonomi dan investasi dari Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung Yoyok Prasetyo menilai ekosistem investasi, termasuk investasi di aset kripto sudah seharusnya memiliki regulasi yang jelas. Sebab, regulasi ini melindungi dan meningkatkan kepercayaan masyarakat atas aset yang diperdagangkan.

Dengan demikian, dengan adanya pembentukan bursa dan lembaga penunjang seperti lembaga kliring dan penjaminan transaksi penting untuk memastikan transaksi sudah sesuai dengan regulasi yang ada.

Baca Juga  Cerita Almarhum Syekh Ali Jaber Bersama Ustad YM, Semua Isi Dompet Keluar

“Adanya lembaga kliring dan penjaminan transaksi di ekosistem investasi aset kripto ini, tentunya akan memberikan rasa aman kepada masyarakat / investor, dan memberikan kepastian bahwa investasi yang dilakukan adalah legal. Terakhir Pemerintah harus menciptakan iklim investasi yang kondusif di dalam negeri, sehingga masyarakat investor lebih memilih investasi di dalam negeri dibandingkan luar negeri,” ujar Bandung Yoyok Prasetyo

Citizen Reporter : Heril Ismail

  • Share

Leave a Reply