banner 1200x130

Dilatih Trainer Handal dan Dua Pendamping Diklat, POP Intelektual Madani Sukses Ciptakan Alat Peraga Bernuansa Literasi Numerasi Dengan Guru-Guru Di Jeneponto

  • Share
banner 400x130
Asrinan, S.Pd.,M.Pd, Trainer POP Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia

UJARANCOM – Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia sukses menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) untuk tahapan lanjutan Literasi Numerasi yaitu pertemuan Ke-24 dengan tema Pendampingan Pembuatan Alat Peraga bernuansa Literasi Numerasi untuk Program Organisasi Penggerak (POP) Ditjen GTK Kemdikbud RI.

Diklat tersebut dibawakan langsung oleh trainer, Asrinan yang merupakan salah satu dosen di Universitas Muhammadiyah Pare-Pare dan dipandu oleh dua pendamping yaitu Dedy Herianto di rombel E dan Nurhidayatullah B. Cottong untuk rombel F.

banner 336x280

Asrinan dalam mempraktekkan pembuatan alat peraga di sambut antusias oleh peserta diklat yang diikuti oleh guru guru yang berada di Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto secara virtual melalui aplikasi meeting zoom. Jumat (9/12/21).

Baca Juga  Expo Produk dan Lomba Karya Peserta Diklat Literasi Numerasi POP Intelektual Madani, Dijadwalkan Jadi kegiatan Penutup di Tahun 2021
Salah satu contoh karya peserta kelas F, Asbiah

“Perhatikan alat dan bahannya bapak ibu, ikuti cara saya secara berurut. Setelah alat peraga ini jadi bisa sebagai salah satu contoh referensi untuk dikembangkan nantinya. Pada intinya bagaimana seorang siswa berinisiatif mencari jawaban dari soal yang kita buat dari alat peraga ini,” Ungkap Dosen Matematika ini.

Baca Juga  Sukses, Panen Perdana Porang di Jeneponto di Hadiri Perusahaan Pabrik Porang Terbesar di Asia Tenggara

Lebih jauh, Asrinan menjelaskan bahwa tujuan dari pendampingan diklat ini adalah sebagai stimulus kepada siswa dalam belejar memecahkan persoalan terhadap tugas ataupun contoh-contoh soal yang diberikan melalui alat peraga.

Ridwan, salah satu peserta diklat dari kelas F menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasihnya atas materi tersebut.

“Terima kasih banyak pak, atas ilmu yang diberikan selama ini, khususnya hari ini. Semoga bermanfaat bagi kami,” Ujarnya disela-sela penutupan diklat.

Salah satu contoh karya peserta kelas F, Sudirman

Di kesempatan yang sama, pendamping Diklat kelas E Dedy Herianto menyampaikan apresiasi kepada peserta diklat yang dengan cepat memahami dan membuat karya dalam waktu yang cukup singkat.

Baca Juga  IM Indonesia Kunjungi Sekolah Sasaran, Kepala Sekolah: Program Organisasi Penggerak Membawa Perubahan Positif di Sekolah Kami

“Sebuah apresiasi yang luar biasa, sebab dengan waktu yang singkat bapak/ibu guru sudah mampu membuat alat peraga yang bernuansa literasi numerasi. Ini pencapaian yang mesti disyukuri bersama. Selamat Bapak Ibu,” Ujar Dedy sebelum menutup diklat.

Ia berharap, kegiatan ini menjadi momentum menemukan ide dan gagasan baru dalam belajar. Terkhusus nuansa literasi numerasi siswa di Sekolah.

Sekadar Informasi, diklat tersebut diikuti 50 orang guru yang berada dikelas E dan F yang merupakan guru dari berbagai sekolah yang ada di Kecamatan Bangkala Barat. (Red/Yn).

  • Share

Leave a Reply